Tips Memilih Bibit Domba Yang Baik

Bismillahirrohmanirrohim

Tips Memilih Bibit Domba Yang Baik


Cara memilih bibit domba yang baik untuk budi daya domba. Meningkatnya satu jumlah penduduk maka bertambah pula  jumlah kebutuhan pangan. salah satu bahan pangan penting yaitu daging. Selama ini daging yang biasa di komsumsi masyarakat ialah daging sapi, daging kerbau dan ternyata belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat akan daging. Oleh karena itu perlu alternatif ditambah dengan daging domba.

Dalam memilih bibit domba, tentunya diperlukan keahlian khusus atau pengetahuan untuk mendapatkan bibit domba yang baik atau unggulan, nah dibawah ini adalah cara cara memilih bibit domba yang baik atau unggulan sebagai berikut :

Pertama; keadaan bentuk luar atau morfologi domba. bentuk luar domba sebaiknya diamati dengan seksama agar kita dapat memperoleh bibit yang benar benar bagus atau unggul. caranya dengan dipegang dan diamati bagian bagian tertentu dari samping, depan, dan belakan. adapun ciri ciri domba yang baik adalah tubuh tampak besar dan pendek, tumit kuat, leher pendek dan tebal, ukuran tubuh besar dan dalam, perut rata, dada lebar dan kulit menutupi tubuh kelihatan bulat.

kedua; kesehatan domba. Kesehatan domba dapat dilihat dari aktivitas hidupnya sehari hari. domba yang sehat biasanya aktif bergerak, lincah, pandangan matanya tajam, tubuhnya normal, tidak cacat, umur antara 1,5 sampai 3 tahun, dan kotorannya tidak encer.

Ketiga; Keturunan. untuk memperoleh bibit domba yang unggul, kita juga perlu memperhatikan keturunannya agar anak domba yang kita peroleh sesuai dengan keinginan kita, yaitu domba yang cepat besar dan tahan penyakit.


Keempat; bangsa. domba yang dipakai bibit adalah domba yang berasal dari jalur murni atau bukan dari hasil pemblasteran atau perkawinan silang, agar sifat dari induknya tetap seperti yang kita inginkan. Untuk pembibitan biasanya para peternak domba memilih yang ekor gemuk atau sesuai kesukaan masyarakat di daerah tersebut. misalnya di Jawa Barat yang lebih suka domba priangan dari pada domba ekor gemuk.

Demikianlah cara cara memilih domba yang baik dan unggul untuk budi daya domba. Memang jika kita benar benar memilih bibit yang baik dan unggul sudah bisa dipastikan para konsumen akan tertarik untuk membeli domba domba kita dan tentunya akan mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda.
Akhirnya saya ucapkan selamat berternak domba semoga usaha anda berhasil, tetap semangat!!


Barakallahfiikum

Kenapa Harus Kami?
^ Hewan syar'i dari sisi usia & kriteria
^ Melihat Proses Penyembelihan
^ Masakan Non MSG
^ Citarasa Terjamin
^ Ketepatan Waktu Pengantaran
^ Laporan Infaq Kulit
^ Dokumentasi Prosesi Aqiqah
^ Sertifikat Aqiqah
^ Free Pengantaran

"InsyaAllah, kami layak untuk Anda"

Wahid Aqiqah
^ Jasa Layanan Aqiqah Siap Saji Keluarga Anda | Qurban | Supplier Hewan | Rumah Potong Hewan
^ 081390512085
^ www.wahidaqiqah.com
^ 1. Jl. Monjali no.138, YK
      2. Jebed Rt.03/08, Taman, Pemalang, JATENG

#aqiqah #aqiqahjogja #aqiqahyogyakarta #aqiqahsleman #aqiqahbantul #aqiqahklaten #aqiqahpemalang #domba  #kambing #bibitdomba #rumahjagal #cateringaqiqah #yogya #jogja #yogyakarta #magelang #klaten #pemalang #tegal #pekalongan