Tips mengirim kambing

Bismillahirrohmanirrohim

TIPS DAN TRIK MENGIRIM KAMBING DALAM JANGKA WAKTU LAMA


Rata rata waktu yang saya butuhkan untuk membawa kambing ke Malaysia adalah 5 hari. Hari x berangkat dari peternakan saya di Jogjakarta, dan 5 hari kemudian kambing itu baru sampai di PortKlang, Malaysia. Kalau lebih detail lagi, 3,5 hari perjalanan darat dan sisanya 1,5 hari perjalanan laut.
Kalau kambing tidak terkondisi secara baik, bisa dipastikan tingkat kematian pada saat kambingsampai di tempat tujuan akan tinggi.
Pada awal bisnis ini saya kerjakan, tingkat kematian kambing pada saat sampai tempat tujuan, masih tinggi. Bahkan mencapai 30% – 50%. Kemudian setelah melakukan proses trial and error selama lebih dari 1 tahun, pada akhirnya hanya 0,1%. Tidak sampai 1%.


Kesehatan kambing harus  anda jaga secara baik. Jauh hari sebelum keberangkatan.
Karena saya pada waktu itu trading, bukan memelihara sendiri kambing yang saya jual. Maka kambing itu harus sudah berada di kandang saya minimal 3 hari sebelum hari keberangkatan.
Selama 3 hari di kandang saya itu, kambing harus dicek secara benar kesehatannya. Pakailah jasadokter hewan dari dinas peternakan setempat. Karena dokter hewan itu juga yang nantinya akan terlibat dalam proses pembuatan dokumen yang diperlukan. Dokumen ini dikeluarkan oleh Dinas Peternakan Kabupaten setempat.

Sebelumnya anda harus perhitungkan secara cermat jumlah makanan dan air yang dibutuhkan selama kambing berada di kandang. Persiapkan crew kandang atau anak-anak kandang untuk menghadapi proses ini. Kalau perlu cari tenaga kontrak untuk menambah pasukan anda dikandang.

Selesaikan proses seleksi secepat mungkin. Hal ini untuk menghindari kambing stress.
( proses seleksi kambing ini dilakukan oleh pihak buyer dan pihak kita sebagai pemilik. akan kita bahas mengenai proses ini di artikel selanjutnya)
Setelah proses seleksi selesai, beri kesempatan kambing istirahat. Kira-kira 1 hari penuh istirahatkan kambing. Biarkan tanpa diganggu sama sekali.
Setelah itu maka Dokter Hewan akan datang untuk memeriksa kesehatan kambing untuk terakhir kalinya, dalam proses ini Kambing akan diberi suntikan vitamin dosis tinggi yang gunanya untuk menambah stamina selama kambing dalam perjalanan.


Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan tersebut jenis vitamin apa yang akan diberikan, beri pengertian bahwa perjalanan memakan waktu 5 hari.
Proses loading kambing ke truk akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Lakukan sepagi mungkin untuk menghindari panas matahari.


Kondisikan truk agar siap beberapa jam sebelumnya. Keadaan truk juga harus  anda atur senyaman dan seefisien mungkin. Jangan biarkankambingberdesak desakan, hitung secermat mungkin jumlah kambing dibandingkan dengan tempat yang tersedia di dalam truk atau dengan jumlah truk yang akan dipakai. Ini harus mulai dilakukan dari saat awal kita bernegosiasi dengan pembeli.


Demikian juga dengan kondisi kandang dalam truk tersebut, jangan lupa beri jerami yang lebih banyak dibanding untuk pengiriman yang memakan waktu lebih pendek.
Pilih crew truk yang berpengalaman dalam pengiriman kambing. Karena sangat berbeda dalam mengirim hewan hidup seperti kambing dengan barang lainnya. Crew yang berpengalaman biasanya paham mengenai pengaturan ruangan, makanan atau obat-obatan yang harus dibawa, waktu keberangkatan, dokumen yang diperlukan. Bahkan mereka juga sudah tahu dimana dan kapan waktu beristirahat selama diperjalanan, pengaturan truk jika harus memakai kapal fery atau penyeberangan.


Pemilihan crew truk tersebut sangat sangat menentukan. Karena perjalanan memakan waktu lama. Saya pernah tahu bahwa crew yang berpengalaman dapat juga mengatasi masalah-masalah yang timbul pada kesehatan kambingselama diperjalanan.
Selalu kontrol keadaan crew ruk berikut muatankambingnya, selama dalam perjalanan. Karena kecil kemungkinan nya anda sendiri ikut dalam rombongan truk tersebut. Pilih satu orang yang anda percaya untuk ikut dalam perjalan, kontrol terus perkembangan nya via HP.


Crew ini terdiri dari 1 orang driver, 1 orang co-driver atau driver cadangan. 1 orang yang bertugas secara khusus mengawasi kambing, orang ini akan berada bersama kambing terus di bak belakang truk.



Barakallahfiikum


Kenapa Harus Kami?
^ Hewan syar'i dari sisi usia & kriteria
^ Melihat Proses Penyembelihan
^ Masakan Non MSG
^ Citarasa Terjamin
^ Ketepatan Waktu Pengantaran
^ Laporan Infaq Kulit
^ Dokumentasi Prosesi Aqiqah
^ Sertifikat Aqiqah
^ Free Pengantaran

"InsyaAllah, kami layak untuk Anda"

Wahid Aqiqah
^ Jasa Layanan Aqiqah Siap Saji Keluarga Anda | Qurban | Supplier Hewan | Rumah Potong Hewan
^ 081390512085
^ www.wahidaqiqah.com
^ 1. Jl. Monjali no.138, YK
      2. Jebed Rt.03/08, Taman, Pemalang, JATENG


#aqiqah #aqiqahjogja #aqiqahyogyakarta #aqiqahsleman #aqiqahbantul #aqiqahklaten #aqiqahpemalang #domba  #kambing #bibitdomba #rumahjagal #cateringaqiqah #yogya #jogja #yogyakarta #magelang #klaten #pemalang #tegal #pekalongan