MANFAAT RUMPUT GAJAH


farming

RUMPUT GAJAH; RUMPUT RAKSASA


Rumput biasanya hanyalah gulma atau musuh bagi sebahagian orang karena sering mengganggu tanaman. Namun ada juga rumput yang malah dibudidaya dan ditanam dengan teknik tertentu. Rumput ini tidak tumbuh sembarangan seperti rumput teki misalnya, atau rumput lainnya, namun kalau ditanam, rumput gajah akan mudah sekali tumbuh dan cepat panennya.

Rumput ini adalah rumput raksasa, saking besarnya maka rumput ini disebut dengan rumput gajah. Namun apakah rumput ini akan diberikan kepada gajah? Tidak, rumput ini tidak diberikan kepada gajah melainkan untuk pakan ternak seperti lembu atau Domba. Manfaat rumput gajah bagi ternak sangat terasa ketika kita memberikan mereka makan. Rumput yang besar ini bisa membuat lembu atau domba cepat kenyang sehingga pertumbuhannya cepat.

CARA TANAM & PANEN


Menanam rumput gajah dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu penanaman secara vertikal dan secara miring. Keduanya bisa dilakukan dengan mudah. Biasanya orang melakukan pembudidayaan rumput gajah dengan cara menanam batang yang dipotong-potong seperti menanam singkong. Rumput gajah bagus sekali sebagai pakan ternak, selain bentuknya yang besar membuat ternak cepat kenyang, juga rumput ini cepat masa panennya.

Masa panen rumput gajah bagusnya yaitu pada hari ke-50, pada masa ini rumput gajah belum tua dan berbunga dan tidak terlalu muda. dan rumput yang bagus untuk pakan ternak juga rumput yang tidak terlalu muda dan tidak tua atau berbunga. Rumput gajah yang telah berbunga merupakan indikasi bagi ketua-an rumput ini.

Cara Memanen rumput gajah adalah dengan cara memotong batang nya dari bagian tanah, kira-kira dengan ketinggian 10-15 cm dari permukaan tanah. Kalau pemotongannya tinggi atau terlalu rendah, maka tunas yang tumbuh tidak akan banyak, maka pemotongan rumput gajah harus diperhatikan dengan jarak yang pas dari tanah.


farming


PEMBERIAN MAKAN RUMPUT GAJAH KE TERNAK


Untuk sapi dan kerbau, rumput gajah adalah favorit makanan mereka. maka tidak memerlukan perlakuan khusus. tetapi untuk domba ataupun kambing, ada beberapa threatment yang perlu dilakukan, terutama dengan kambing, yang memang susah untuk beradaptasi dengan beberapa makanan

Selain mempunyai tekstur yang kasar, rumput gajah juga mempunyai bulu, meskipun hal itu tidak mempengaruhi kualitas dari rumput gajah sebagai pakan berkualitas bagi ternak

Langkah paling efisien dari threatmen yang harus dilakukan jka ingin memberikan rumput gajah ini ke domba atau kambing adalah dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu. tentunya agar bersifat lebih lunak

Langkah yang kedua adalah dengan cara silase. dan berikut langkah pembuatan silase yang bisa dipelajari:

  • Rumput dicacah menjadi ukuran sekitar 3 cm.

  • Kemudian dicampur dengan molases sampai merata.

  • Setelah itu disimpan dalam wadah tertutup (anaerob) selama 3 bulan. Setelah 3 bulan, hasilnya baru bisa terlihat bedanya.

Perbandingan antara rumput odot dan molases adalah sebagai berikut. Setiap 15 kg odot, ditambah dengan molases sebanyak 600 gram.

Tinggal menyesuaikan jumlah rumput yang akan disilase. Kalau 1 ton berarti membutuhkan molases sebanyak 40 kg.

Seandainya mau inovasi sendiri juga bisa. Misalnya ditambah EM4 sebanyak 10 mL, mungkin bisa lebih cepat.



Demikianlah sedikit tentang manfaat rumput gajah dan cara menanam dan cara memanen rumput gajah untuk persidiaan pakan domba. semoga bermanfaat. barakallahfiikum